Tautan-tautan Akses

McCain dan Obama Kumpulkan Uang dalam Jumlah Hampir Sama Pada Bulan Mei


Calon-calon Presiden Amerika John McCain dan Barack Obama mengumpul uang sumbangan dalam jumlah yang kira-kira sama bulan Mei.

Jumlah yang diumumkan masing-masing kampanye menunjukkan Obama dari partai Demokrat menerima 21 koma 9 juta dolar sumbangan. Mccain dari partai Republik menerima 21 koma 5 juta dolar bulan Mei.

Dalam kampanyenya hari Jumat, McCain pergi ke Kanada, dimana ia mengucapkan pidato yang mendukung perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara, NAFTA, perjanjian yang dikecam oleh Obama. McCain mengatakan di hadapan para tokoh pengusaha di Ottawa bahwa kalau ia terpilih, Amerika Serikat akan mematuhi janji internasional untuk NAFTA.

Ketika pemilihan pendahuluan partai Demokrat, Obama pernah mengatakan Amerika Serikat harus berunding dengan Kanada dan Meksiko untuk menambah aturan lingkungan dan perburuhan yang lebih ketat. Hari Jumat, Obama melancarkan kecaman atas usul McCain untuk mengizinkan pengeboran minyak lepas pantai Amerika. Obama mengatakan gagasan pengeboran itu tidak akan menurunkan harga minyak selama bertahun-tahun.

McCain menentang pengeboran demikian ketika ia kontestan calon presiden tahun 2000, tetapi pekan ini ia mengatakan ia mendukung pemberian hak memutuskan tentang pengeboran minyak kepada masing-masing negara bagian.

XS
SM
MD
LG