Tautan-tautan Akses

Taliban Bebaskan Dubes Pakistan untuk Afganistan Setelah 3 Bulan Lebih


Para pejabat Pakistan mengatakan, tersangka militan Taliban telah membebaskan Duta Besar Pakistan untuk Afganistan, Tariq Azizuddin sesudah menahannya lebih dari 3 bulan.

Duta Besar Tariq Azizuddin dibebaskan dan telah bersatu kembali dengan keluarganya di Islamabad hari Sabtu. Para tersangka militan Taliban menculiknya bulan Februari, ketika dia melakukan perjalanan di daerah suku Khyber yang berbatasan dengan Afganistan.

Penculikan itu terjadi satu hari sesudah pihak berwenang mengumumnkan ditangkapnya komandan utama Taliban, Mullah Mansoor Dadullah.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rahman Malik menyangkal laporan bahwa telah dicapai persetujuan dengan kaum militan untuk membebaskan Duta Besar itu. Dia mengatakan pembebasan Azizuddin itu karena tindakan penegakan hukum dan bukan karena tukar menukar tawanan yang dirundingkan dengan Taliban.

Para pejabat keamanan Pakistan mengatakan, Azizuddin dan supirnya serta pengawalnya diculik oleh kelompok suku setempat dan kemudian menyerahkannya kepada komandan Taliban Baitullah Mehsud di Waziristan selatan. Para pejabat hari ini mengatakan, supir dan pengawalnya juga dibebaskan.

XS
SM
MD
LG