Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Tolak Permintaan Bush agar Naikkan Produksi Minyak


Arab Saudi telah menolak permintaan Presiden Bush agar menaikkan produksi minyak secara keseluruhan meskipun harga minyak di Amerika dan seluruh dunia terus naik. Presiden Bush mengemukakan permintaan itu dalam pertemuan dengan Raja Abdullah hari Jum’at di ranch raja di luar ibukota Riyadh. Permintaan serupa telah ditolak pada Januari lalu.

Pemerintahan Bush berpendapat persediaan yang tidak cukup mendorong harga naik ke tingkat belum pernah terjadi. Namun pemerintah Arab Saudi mengatakan persediaan dan permintaan cukup seimbang.

Dalam jumpa pers Jum’at petang menteri perminyakan Arab Saudi, Ali Naimi mengatakan Arab Saudi bulan ini telah menaikkan produksi minyak mentah sebanyak 300 ribu barel sehari atau sedikit di atas 3%. Kenaikan itu, katanya, ditujukan untuk menutupi pengurangan produksi yang dilakukan Venezuela dan Meksiko.

Arab Saudi menyimpan sekitar seperlima cadangan minyak dunia dan merupakan pengimpor 14 persen minyak mentah bagi Amerika Serikat. Lawatan Presiden Bush ke Arab Saudi antara lain juga bertujuan untuk memperingati 75 tahun hubungan resmi Amerika dan Arab Saudi.

Dalam suatu pernyataan hari ini, Gedung Putih menyatakan kedua negara telah menandatangani kesepakatan untuk melindungi sumber-sumberdaya energi, meningkatkan kerjasama nuklir untuk kepentingan damai, memperluas perang melawan terorisme, dan memperkuat perjanjian nonproliferasi senjata penghancur massal.

XS
SM
MD
LG