Tautan-tautan Akses

PBB Rencanakan KTT Darurat di Asia Bahas Masalah Birma


PM Inggris Gordon Brown mengatakan PBB sedang merencanakan sebuah KTT darurat di Asia untuk membahas krisis kemanusiaan yang semakin meningkat di Birma yang ditimbulkan oleh Badai Nargis.

PM Brown mengatakan kepada para wartawan hari Kamis di London bahwa Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon merencanakan bertemu dengan negara-negara donor dan anggota-anggota ASEAN, termasuk Birma.

Seorang pejabat PBB menguatkan hari Kamis bahwa Sekjen PBB Ban Ki-moon telah mengusulkan pertemuan itu kepada negara-negara Asia. ASEAN diperkirakan akan membahas masalah Birma hari Senin di Singapura.

Para pejabat juga mengumumkan kepala urusan kemanusiaan PBB, John Holmes, menunggu memperoleh persetujuan untuk mengunjungi Birma. Mereka mengatakan Holmes ingin mengunjungi daerah delta Irrawaddy, kawasan yang paling parah terkena badai itu.

Media pemerintah Birma hari ini memberitakan angka korban akibat badai itu menjadi lebih dari 43.000. Para pejabat mengatakan angka korban dapat meningkat sampai lebih dari 100 ribu orang karena kelaparan dan penyakit.

XS
SM
MD
LG