Tautan-tautan Akses

Utusan-Utusan AS, Korea Utara Akhiri Pembicaraan Nuklir di Singapura


lUtusan nuklir Amerika Christopher Hill mengatakan ia melangsungkan “pembicaraan bermanfaat” dengan utusan Korea Utara di Singapura hari Selasa untuk mendobrak jalan buntu mengenai penghentian program nuklir pihak Utara.

Setelah pembicaraan dengan utusan Korea Utara Kim Kye Wan, Hill mengatakan kedua pihak kini menunggu kabar dari ibukota mereka masing-masing. Ia mengatakan mungkin akan ada beberapa pengumuman setelah itu.

Di Washington, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan ia menunggu untuk berbicara dengan Hill mengenai pertemuan mereka. Rice mengatakan jika memang ada kemajuan, itu merupakan hal baik tetapi menandaskan bahwa yang penting adalah membuat pembicaraan itu kembali ke jalurnya.

Perundingan terhenti sejak Desember, ketika Washington mengatakan Pyongyang gagal mencantumkan pengayaan uranium yang tidak pernah diakui didepan umum oleh Korea Utara.

Sebelum berangkat ke pertemuan itu, Hill mengatakan kepada wartawan ia akan membicarakan apa yang disebutnya kenyataan bahwa waktu sudah hampir habis untuk mencapai penyelesaian. Diplomat Amerika itu mengatakan ia tidak memusatkan perhatian pada persetujuan, tetapi ingin membicarakan beberapa masalah yang belum disepakati kedua pihak.

Hari Senin, Hill mengatakan kemacetan beberapa bulan atas pembongkaran program nuklir Korea Utara harus diakhiri. Ia mengatakan kepada wartawan kemajuan harus ada, tanpa tertunda lagi.

XS
SM
MD
LG