Tautan-tautan Akses

NATO Mendukung Sistem Pertahanan Misil yang Dirancang AS untuk Eropa


Seorang pejabat senior Amerika mengatakan, para pemimpin NATO yang menghadiri KTT di Bucharest sepakat mendukung sistem pertahanan misil yang dirancang Amerika untuk Eropa.

Dikatakan, persetujuan itu akan dicakup dalam pernyataan yang bersama yang akan diumumkan hari ini.

Rusia menentang keras sistem pertahanan misil itu, yang menurut Washington digelar untuk menghadapi ancaman dari negara-negara seperti Iran.

Sebelumnya, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengukuhkan bahwa ia akan mengirim satu batalyon tentara untuk memperkuat pasukan NATO di Afghanistan.

Sarkozy mengatakan dalam sidang tertutup hari Kamis, Prancis akan mengerahkan satu batalyon tentara ke Afghanistan bagian timur. Sebagian tentara Amerika yang sekarang di sana, mungkin akan dipindahkan ke selatan di mana ancaman pertempuran tinggi.

Sarkozy mengatakan, dalam setahun ini, ia akan mempertimbangkan kemungkinan Prancis kembali ke komando militer NATO, setelah absent selama empat dasawarsa.

Hari Rabu, para pemimpin NATO sepakat menerima Albania dan Kroasia sebagai anggota, dan mungkin akan menangguhkan putusan mengenai keanggotaan Macedonia, Georgia dan Ukraina.

XS
SM
MD
LG