Tautan-tautan Akses

Irak Lakukan Pencarian Wartawan Inggris yang Diculik di Basra


Pihak berwenang Irak mengatakan pencaharian intensif kini berlangsung bagi seorang wartawan Inggris dan penerjemahnya seorang warga Irak yang diculik hari Minggu di Irak selatan.

Menurut beberapa saksi-mata, kedua pria, yang bekerja untuk jaringan televisi Amerika CBS diculik oleh kawanan bersenjata di salah satu hotel di kota Basra. CBS belum merilis nama kedua pria yang hilang itu.

Saksi-saksi mata mengatakan pria Inggris itu adalah seorang wartawan-foto yang sebelumnya pernah bekerja di Basra. Seorang pejabat keamanan Irak mengatakan seorang lelaki telah ditahan sehubungan dengan penculikan itu.

Basra adalah kota yang didominasi Shia di mana milisi-milisi Shia yang bersaingan memperebutkan pengaruh. Seorang milisi Basra yang setia kepada ulama radikal Moqtada al-Sadr mengutuk penculikan itu hari Selasa dan mengimbau agar kedua wartawan dibebaskan.

Juga pada hari ini , salah satu organisasi media Irak mengatakan seorang wartawan Irak ditemukan tertembak mati di Baghdad pusat, dua hari setelah diculik.

XS
SM
MD
LG