Tautan-tautan Akses

Clinton, Obama dan John McCain adalah Pemenang Besar dalam Pemilihan Pendahuluan


Senator Hilary Clinton, Barack Obama dan John McCain adalah pemenang besar sebegitu jauh dalam pemilihan pendahuluan dan rapat umum partai yang serentak diadakan di 24 negara bagian di Amerika Serikat hari Selasa.

Clinton diperkirakan akan memenangkan pemilihan dalam partai Demokrat di New York-- negara bagian yang ia wakili dalam Senat – serta Arkansas, New Jersey, Oklahoma, Massachusetts dan Tennessee. Saingan Clinton, Senator Barack Obama, diperkirakan akan menang di Georgia, Delaware, Alabama, North Dakota, Kansas, Minnesota, Utah dan negara bagian asalnya Illinois.

Dalam pemilihan partai Republik, McCain akan memenangkan negara bagian asalnya Arizona, serta Oklahoma, Conneticut, New Jersey, New York, Delaware, dan Illinois. Mitt Romney memenangkan negara bagian Massachusetts -- dimana ia mantan gubernur-- serta Utah, dan North Dakota.

Mantan gubernur Mike Huckabee diperkirakan akan menang di negara bagian asalnya Arkansas, serta di Alabama, Georgia, dan Tennessee. Sebelumnya, ia memenangkan pemilihan dalam rapat umum partai Republik di West Virginia, kemenangan pertamanya hari Selasa.

Pemilihan kemarin, yang dijuluki Super Tuesday, adalah pemilihan pendahuluan terbesar yang diadakan dalam 24 negara bagian, termasuk negara bagian terbesar Kalifornia – dimana diperebutkan jumlah delegasi terbesar. Para kontestan akan memperoleh delegasi sesuai dengan perolehan suara. Para delegasi akan memilih calon presiden dari partai mereka dalam konvensi nasional partai.

XS
SM
MD
LG