Tautan-tautan Akses

Huckabee Memenangkan Kaukus Super Tuesday yang Pertama


Mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee memenangkan kaukus Partai Republik di negara-bagian West Virginia, kemenangan pertama dalam Super Tuesday, kontes pencalonan presiden.

Huckabee yang memenangkan 18 delegasi, mengalahkan dua saingan, Senator Arizona John McCain dan mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney.

Para pemilih di 24 negara-bagian hari ini membuat pilihan mereka atas bakal calon-calon Partai Demokrat atau Partai Republik bagi pemilihan presiden bulan November. Partai Republik menyelenggarakan kontes di 21 negara-bagian, dan Partai demokrat berkompetisi di 22 negara-bagian.

Dalam kontes Partai Demokrat, jajak pendapat umum nasional menunjukkan Senator Hillary Clinton dan Senator Barack Obama sama kuat untuk mendapatkan pencalonan Partai Demokrat.

Jajak pendapat umum di pihak Partai Republik menunjukkan McCain unggul dari Romney, sementara Huckabee di nomro tiga.

Negara-negara-bagian yang terpadat penduduknya seperti New York dan California termasuk diantara yang menyelenggarakan kontes hari Selasa. Dengan memenangkan suatu negara-bagian, seorang calon nebdapatkan delegasi ke konvensi nasional partai itu. Calon yang melampaui jumlah delegasi yang dieprlukan untuk dinominasikan akan menjadi pilihan partai itu untuk dicalonkan sebagai presiden.

XS
SM
MD
LG