Tautan-tautan Akses

Liga Arab Bahas Perkembangan Situasi Palestina dan Libanon di Kairo


Para menteri luar negeri Liga Arab hari Minggu bertemu di Kairo membicarakan perkembangan di Libanon dan wilayah Palestina. Mereka akan mendapat taklimat dari ketua Liga, Amr Moussa tentang hasil kunjungannya belum lama ini di Libanon dan Syria. Pertemuan kemudian akan membahas cara mengakhiri kekerasan di Libanon di mana satu ledakan hari Jum’at menewaskan sedikitnya enam orang termasuk seorang pejabat tinggi keamanan.

Amr Moussa berkunjung ke Beirut sekitar awal bulan ini untuk menemui faksi-faksi politik yang berseteru di sana dan mendesak mereka supaya menerima konsep Liga Arab. Bagian dari konsep ini menganjurkan Libanon membentuk pemerintah persatuan nasional. Moussa juga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Syria Bashar al-Assad di Damaskus.

Sementara itu, dua hari setelah militan Palestina menjebol tembok perbatasan antara Mesir dan daerah Gaza pasukan keamanan Mesir mencoba menutup kembali perbatasan itu. Namun ribuan warga Gaza masih leluasa melintasi perbatasan keluar-masuk Mesir.

Pengawal perbatasan Mesir hari Jum’at menggunakan meriam-air untuk mencegah ratusan masa melintasi perbatasan Rafah namun gagal. Selagi pengawal perbatasan mencoba menutup pintu perbatasan utama, sekelompok militan menggunakan bulldozer untuk menjebol bagian lain tembok.

Polisi telah mengumumkan perbatasan akan ditutup sepenuhnya Jum’at malam tetapi pengawal perbatasan ditarik tidak lama setelah penjebolan kedua tadi. Ratusan ribu warga Gaza melintas perbatasan masuk ke Mesir untuk membeli barang yang tidak terdapat di pasar di Gaza akibat blokade Israel terhadap Gaza sejak pekan lalu.

Jurubicara Israel mengatakan ia khawatir Hamas yang berkuasa di Gaza akan menggunakan perbatasan yang terbuka itu untuk menyelundupkan teroris dan senjata.

XS
SM
MD
LG