Tautan-tautan Akses

Cina Mengecam Pengeritik Internasional yang Menyerukan Pemboikotan Olimpiade Beijing


Pemerintah Cina mengecam keras pengeritik Internasional yang menyerukan pemboikotan Olimpiade Beijing karena tindakan Cina di Sudan dan Tibet.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Cina Jiang Yu mengatakan kepada wartawan di Beijing Kamis kemarin, bahwa organisasi-organisasi ham sedang berusaha mempolitisasi Olimpiade, yang katanya tidak sesuai dengan semangat pesta olah raga itu.

Jiang mengatakan Cina sedang memainkan peran konstruktif di Sudan dengan me-lobi pemerintah dan mengirim petugasnya untuk membantu pasukan penjagaan perdamaian bersama PBB-Uni Afrika.

Jurubicara tadi juga mendamprat Dalai Lama sebagai seorang separatis karena ucapannya dalam media Inggris. Televisi ITV Inggris pekan lalu mengutip pemimpin Tibet di pengasingan itu menyerukan protes damai pada waktu Olimpiade bulan Augustus.

Tetapi, seorang jurubicara Dalai Lama yang berbasis di London mengeluarkan sepucuk surat Kamis kemarin yang mengatakan laporan dari Inggris itu tidak benar dan menyesatkan. Menurut jurubicara Tsering Tashi, Dalai Lama bahkan mengatakan bahwa pemboikotan Olimpiade terlalu radikal.

XS
SM
MD
LG