Tautan-tautan Akses

Warga AS Hormati Peringatan Hari Martin Luther King Jr.


Hari ini – Senin 21 Januari – libur umum di Amerika menghormati pemimpin hak-hak sipil Martin Luther King, Junior yang mati terbunuh. Presiden Bush bersama isteri Laura menandai hari ini dengan mengunjungi Martin Luther King Junior Memorial Library di Washington.

Bush mengatakan hari ini adalah kesempatan bagi orang untuk menyegarkan kembali keinginan kuat mereka akan Amerika yang menjanjikan bagi tiap orang.

Dalam pada itu – pemuka hak sipil, mantan presiden Bill Clinton dan kontestan calon presiden Partai Republik Mike Huckabee termasuk di antara ratusan orang yang menghadiri misa kebaktian di Gereja Baptist Ebenezer di mana Luther King dulu menjadi pendeta di Atlanta, Georgia.

Semasa hidupnya King memimpin aksi protes non kekerasan pada tahun 1950 dan 1960-an menentang segregasi (pemisahan) dan diskriminasi terhadap orang kulit hitam di Amerika.

Dalam salah satu pidatonya yang termasyur berjudul I Have A Dream yang diucapkannya di tangga Lincoln Memorial di Washington tahun 1963 ia mengemukakan tentang harapannya di satu masa kelak Amerika akan menjunjung tinggi kepercayaan bahwa semua orang diciptakan sama.

XS
SM
MD
LG