Tautan-tautan Akses

Presiden Saakashvili Klaim Menangkan Pemilihan Presiden Georgia


Presiden Georgia mengkalim merebut kemenangan pada pemilihan presiden Sabtu kemarin. Presiden Mikhail Saakashvili memberitahu khalayak pendukung bahwa, "menurut hasil penghitungan dan semua data," dia menang. Hasil resmi diduga akan diumumkan Ahad malam ini.

Seorang anggota parlemen Portugal Joao Suarez, pengamat dari Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama di Eropa, mengemukakan: "Kita akan mengumpulkan semua informasi yang datang dari seluruh negeri dan membentuk opini kita berdasarkan tim besar para pengamat yang berada di Georgia."

Pemimpin oposisi Levan Gachechiladze mengemukakan bahwa pemilu ini dicurangi, dan menyerukan kepada para pendukungnya untuk berdemonstrasi hari ini untuk mem protes hasilnya.

Seorang diplomat senior Amerika meminta agar para pendukung oposisi bertindak tenang sampai para pengawas pemilu mengeluarkan hasilnya tentang keadilan proses pemungutan suara.

Angket yang dilakukan seusai pemilu menunjukkan bahwa Saakashvili memperoleh 54 persen suara di antara 7 kandidat, dengan Levan Gachechiladze memperoleh tempat ke-2 dengan suara 28,3 persen.

Pemenang perlu merebut suara mayoritas untuk menghindari pemilihan ulang. Ratusan pengamat internasional akan memegang peran penting dalam menetapkan keabsahan pemilu Georgia.

XS
SM
MD
LG