Tautan-tautan Akses

Cina Membutuhkan Pengendalian Harga Pangan untuk Memelihara Kestabilan Sosial


Seorang pejabat Lembaga Penelitian Tertinggi Cina mengatakan Cina membutuhkan pengendalian harga pangan untuk memelihara kestabilan sosial.

Li Peilin, direktur biro sosiologi dalam Lembaga Ilmu Sosial Cina yang disponsori pemerintah, mengatakan demikian hari Kamis ketika membicarakan laporan penelitian baru. Laporan Lembagai Ilmu Sosial itu mengatakan orang yang tinggal di daerah pedesaan Cina lebih bahagia daripada setahun yang lalu, tetapi penduduk kota kurang puas. Tetapi, lembaga ilmu sosial itu mengatakan kedua kecenderungan tersebut terjadi terutama karena harga pangan yang tinggi, yang menurut Li telah meningkatkan pendapatan petani sementara menguras kaum miskin di kota-kota.

Harga pangan yang meningkat telah membantu mendorong laju inflasi Cina tahun 2007 naik ke laju paling tinggi dalam 10 tahun, yakni, 4,7 persen. Laporan tahunan Lembaga Ilmu Sosial tadi mengatakan hasil penelitiannya juga menunjukkan bahwa para lulusan universitas mengalami kesulitan yang lebih besar untuk mendapat pekerjaan.

XS
SM
MD
LG