Tautan-tautan Akses

Harga Minyak Naik Akibat Konflik Turki dan Pemberontak Kurdi


Harga-harga minyak mentah naik lagi hari ini karena para pedagang khawatir serangan Turki atas kawasan Kurdi di Irak bagian utara akan mengganggu supplai minyak dunia. Harga minyak di pasar komoditi new york tercatat 96 dollar 54 sen per barrel, naik hampir dua dollar, tapi kemudian turun lagi menjadi 95 dollar 88 sen pada penutupan pasar.

Para pedagang itu juga cemas akan turunnya persediaan minyak Amerika, yang akan diumumkan secara resmi besok, karena Amerika adalah pengimpor minyak paling besar. Harga minyak pernah mencapai 99 dollar 29 sen bulan lalu.

Sementara itu, Malaysia dan Iran menanda-tangani perjanjian bernilai milyaran dollar untuk membuka sumur-sumur minyak di lepas pantai Iran. Kontrak itu ditanda-tangani oleh perusahaan minyak nasional Iran dengan perusahaan SKS yang punya hubungan dengan pengusaha kaya Malaysia Syed Mokhtar al-Bukhari.

Kedua pihak mencapai kata sepakat untuk mengongkosi proyek yang bernilai 16 milyar dollar itu. SKS akan mengembangkan sumur-sumur minyak di teluk Persia dan membangun pabrik-pabrik LNG untuk mencairkan gas alam.


XS
SM
MD
LG