Tautan-tautan Akses

Laporan NYT: 5 Milyar Dollar Bantuan Anti-Teror ke Pakistan Diselewengkan


Sebuh laporan yang diterbitkan di sebuah surat kabar besar Amerika mengatakan lebih dari lima milyar dollar bantuan anti-teror ke Pakistan telah dihamburkan dan diselewengkan.

Surat kabar New York Times mengutip pejabat-pejabat militer Amerika yang mengatakan uang yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan militer Pakistan yang berdinas di perbatasan dengan Afghanistan yang resah itu tidak pernah sampai ke tangan pasukan.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan mereka melihat sebagian dari hampir 100 ribu tentara yang berdinas di wilayah-wilayah kesukuan Pakistan memakai sandal dan helm dari era Perang Dunia Pertama, dengan senjata yang hampir tidak berfungsi.

Sumber-sumber yang tidak disebut namanya mengatakan kepada wartawan bahwa jutaan dollar bantuan Amerika dialihkan untuk membiayai sistim persenjataan yang didesain untuk melawan India – bukan al-Qaida atau Taliban.

Laporan surat kabar yang diterbitkan hari Senin ini juga mengutip pejabat-pejabat militer Amerika yang mengatakan Amerika telah menghabiskan jutaan dollar untuk membayar klaim-klaim Pakistan yang digelembungkan untuk bahan bakar, amunisi dan biaya-biaya lain.

Para pejabat militer Pakistan menyangkal tuduhan-tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG