Tautan-tautan Akses

Lavrov: Rusia akan Cegah Rencana Barat Akui Kemerdekaan Kosovo


Menteri luar negeri Russia, Sergei Lavrov mengatakan negaranya akan menggunakan pengaruh politiknya di PBB untuk mencegah rencana Barat mengakui Kosovo sebagai wilayah merdeka.

Keterangan ini diucapkannya dalam serangkaian wawancara dengan media Rusia hari Jum’at. Menurutnya, Uni Eropa dapat menggantikan PBB sebagai pelaksana pemerintahan di propinsi yang memisahkan diri dari Serbia itu dan itupun harus dengan persetujuan Serbia dan berdasarkan resolusi PBB yang mengakui kedaulatan Serbia terhadap Kosovo.

Para pemimpin Uni Eropa pekan lalu sepakat mengirim misi kepolisian dan keamanan berkekuatan 1800 orang ke propinsi wilayah Serbia itu. Penduduk Kosovo yang mayoritas etnis Albania ditengarai akan mendeklarasikan kemerdekaan sepihak dari Serbia awal tahun depan dan banyak negara Barat diduga bakal mengakuinya.

Tetapi, Sergei Lavrov mengatakan Rusia akan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk mencegah langkah apapun yang hendak diambil Barat setelah Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya.

XS
SM
MD
LG