Tautan-tautan Akses

Australia akan Kirim Pesawat dan Kapal Awasi Penangkapan Ikan Paus Jepang


Pemerintahan PM Australia Kevin Rudd yang baru terpilih menyatakan, pihaknya akan mengirim sejumlah pesawat dan sebuah kapal untuk mengawasi misi penangkapan ikan paus Jepang untuk meningkatkan tekanan terhadap Tokyo.

Berbicara kepada para wartawan, Menteri LN Stephen Smith mengatakan misi itu penangkapan ikan paus itu merupakan pembantaian dan bukan riset ilmiah.

Smith mengatakan kapal patroli pabean dan perikanan, Ocean Viking, akan mengikuti armada perburuan ikan paus Jepang, sementara pesawat udara akan melakukan pengawasan udara atas misi itu.

Smith mengatakan, bukti yang dikumpulkan Australia dapat digunakan untuk mengadakan pengadilan internasional terhadap perburuan ikan paus Jepang.

Armada Jepang itu juga akan dilacak oleh kapal-kapal yang dioperasikan para pecinta lingkungan yang bersumpah akan menggunakan tindakan non kekerasan untuk mengacaukan pemburuan paus.

Armada perburuan ikan paus Jepang berencana memburu dan membunuh lebih dari 900 ikan paus, termasuk 50 paus bongkok dan 50 paus sirip.

Para pecinta lingkungan telah menyambut keputusan Australia untuk meningkatkan pengawasan perburuan paus. Steve Shallhorn dari Greenpeace mengatakan sikap pemerintah Australia akan memberi tekanan tambahan terhadap Tokyo.

XS
SM
MD
LG