Tautan-tautan Akses

Pertemuan Pertama Israel-Palestina Berakhir dengan Pertengkaran


Pertemuan resmi pertama Israel-Palestina berakhir dengan pertengkaran, karena Palestina menuntut dihentikannya pembangunan permukiman yahudi yang baru, dan Israel mengeluh karena adanya tembakan-tembakan roket dari jalur Gaza.

Kata perunding Palestina Saeb Erakat, Israel harus memilih apakah akan terus membangun permukiman yahudi atau berusaha mencapai perdamaian dengan Palestina.

Kata para pejabat, kedua delegasi akan bertemu lagi dalam waktu dua minggu.

Pertemuan pertama yang diadakan di Jerusalem itu tadinya ditujukan untuk mendorong perundingan damai israel-palestina yang dimulai di Annapolis, Amerika, bulan lalu. perunding Israel dan Palestina sepakat di Annapolis akan mencapai perjanjian tentang pembentukan negara Palestina sebelum akhir tahun depan.

Tapi keputusan Israel untuk membangun 300 rumah baru di bagian kota Jerusalem Timur dan serangan roket Palestina dari jalur Gaza telah merusak suasana perundingan.

Sehari sebelum perundingan, enam orang militan Palestina tewas di Jalur Gaza, sementara Israel melancarkan operasi militer, yang oleh sumber-sumber lokal disebut sebagai yang paling besar dalam berbulan-bulan.

Para saksi mata Palestina mengatakan, sekitar 30 tank dan kendaraan lapis baja Israel masuk Gaza selatan kemarin. Pesawat tempur Israel juga menyerang militan di Gaza utara.

Tentara Israel mengatakan, pihaknya hanya mengirim 10 kendaraan ke Gaza, dan bahwa dua orang tentara Israel cedera karena granat Palestina yang mengenai kendaraan mereka. Israel mengatakan, pasukannya ditarik dari Gaza kemarin petang.

XS
SM
MD
LG