Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Tak Ada Dasar Hukum Bagi Sanksi Baru atas Iran


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan sekarang tidak ada dasar hukum bagi sanksi baru terhadap Iran.

Di Teheran hari Selasa, Ahmadinejad memuji laporan terbaru intelijen Amerika yang menyimpulkan Iran menghentikan program senjata nuklir rahasia tahun 2003, “sebagai suatu langkah kedepan.” Presiden Iran itu juga mengatakan langkah-langkah lebih jauh semacam itu bisa membuka jalan bagi resolusi isu-isu regional.

Presiden Bush hari ini memberitahu para wartawan Iran berbahaya, dan akan menjadi lebih berbahaya jika negara itu tahu cara memperkaya uranium. Bush mengatakan Iran harus menjelaskan kepada para pakar PBB mengapa mereka tadinya mempunyai program senjata militer yang rahasia. Iran belum pernah mengakui adanya program semacam itu.

Komentar itu dikemukakan sementara para diplomat dari Dewan Keamanan PBB bersiap-siap membahas rancangan sebuah resolusi sanksi yang baru terhadap Iran atas program pengayaan uraniumnya.

Para pejabat dari Amerika, Inggris, Prancis, Rusia dan Cina, plus Jerman, melangsungkan pembicaraan tele-konferensi selama 90 menit. Jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan para diplomat melangsungkan pembicaraan bermanfaat dan konstruktif, sementara masih banyak lagi yang harus digarap untuk menyiapkan sebuah resolusi. Ia mengatakan para pejabat akan melangsungkan diskusi lagi segera..


XS
SM
MD
LG