Tautan-tautan Akses

Kasus Kematian Litvinenko Diadukan ke Mahkamah HAM Eropa


Sahabat serta keluarga bekas agen intelijen Rusia Alexander Litvinenko telah mengadukan kasus kematiannya kepada Mahkamah Hak Asasi Manusia Eropa. Mereka menuduh Rusia bertanggungjawab atas kematiannya.

Janda bersama anggota keluarganya hari Jum’at berkumpul di depan rumah sakit di London di mana Litvinenko meninggal setahun lalu. Mereka membacakan pernyataan yang ditulisnya ketika masih terbaring di rumah sakit yang isinya menuduh presiden Rusia, Vladimir Putin bertanggungjawab atas pembunuhan terhadap dirinya.

Kepolisian Inggris telah menyebut agen dinas rahasia Rusia KGB Andrei Lugovoi selaku tersangka utama. Lugovoi yang dewasa ini sedang berkampanye untuk dipilih menjadi anggota Parlemen Rusia telah membantah tuduhan itu. Moskow juga telah menolak permintaan Inggris agar Lugovoi diesktradisikan ke Inggris.

Litvinenko bertemu dengan Lugovoi tidak lama sebelum ia jatuh sakit setahun lalu, dan meninggal dunia tiga pekan kemudian. Pihak berwenang Inggris mengatakan Litvinenko meninggal akibat diracun dengan radioaktif polonium-210. Pemerintah Rusia membantah punya sangkut-paut dengan kematiannya.

XS
SM
MD
LG