Tautan-tautan Akses

Enam Tewas Akibat Bom Mobil di Ramadi, Provinsi al-Anbar


Enam orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka karena serangan bom mobil di Ramadi, propinsi al-Anbar di Irak. Kata polisi, para petugas keamanan melepaskan tembakan, tapi pengebom bunuh diri itu berhasil mengemudikan mobilnya masuk ke tempat parkir di sebuah kompleks perumahan.

Jumlah serangan bom dan serangan bunuh diri di al Anbar jauh berkurang sejak kepala-kepala suku sunni bergabung dengan tentara Amerika untuk mengusir pemberontak dari kawasan itu.

Tentara Amerika melaporkan, seorang tentaranya serta seorang penterjemah bangsa Irak tewas di Baghdad kemarin kena bom pinggir jalan. Juga kemarin, Inggris melaporkan dua orang tentaranya tewas di Baghdad dan 12 lainnya cedera ketika helikopter mereka jatuh di Baghdad.

Sementara itu, Pejabat Kurdi menolak usaha pemerintah Irak di Baghdad untuk mencegah perusahaan minyak asing menanda-tangani kontrak eksplorasi minyak dengan kawasan otonomi Kurdi itu. Kata pejabat pemerintah Kurdi hari ini, Kurdi berhak mengadakan perjanjian dengan perusahaan asing untuk memanfaatkan sumber-sumber minyak dan gas alamnya.

Tapi pemerintah Irak mengatakan, kontrak-kontrak seperti itu harus menunggu selesainya undang-undang pembagian hasil minyak dan gas alam yang merata bagi semua rakyat Irak. Kata menteri perminyakan Irak, Hussein al-Shahristani, perusahaan minyak asing yang mengadakan bisnis dengan pejabat Kurdi akan ditolak untuk mengadakan usaha di bagian lain Irak.

XS
SM
MD
LG