Tautan-tautan Akses

Parlemen Jepang Mengesahkan RUU Mendukung Misi di Afghanistan


Mejelis rendah parlemen Jepang telah mengesahkan rancangan undang-undang untuk melanjutkan dukungan negara itu untuk misi yang dipimpin Amerika di Afghanistan, yang membuka kemungkinan bagi terjadinya pertentangan politik dengan majelis tinggi yang dikuasai kelompok oposisi.

Partai Demokrasi – partai oposisi utama di Jepang – telah berjanji akan merintangi pengesahan rancangan undang-undang tersebut di majelis tinggi, dan masa depan misi itu untuk dilanjutkan tetap tidak pasti.

Pengesahan RUU tersebut di majelis rendah untuk mengizinkan angkatan laut Jepang melanjutkan penyediaan bahan bakar untuk kapal-kapal Amerika dan kapal-kapal lainnya yang merondai Lautan India - untuk mencari penyelundup narkoba, penyelundup senjata dan tersangka teroris - terjadi beberapa hari menjelang kunjungan PM Yasuo Fukuda ke Washington.

Dukungan Jepang untuk misi Amerika di Afghanistan kemungkinan besar akan menjadi fokus pembicaraan dalam kunjungan Fukuda. Dia akan bertemu dengan Presiden Bush di Gedung Putih hari Jumat.

XS
SM
MD
LG