Tautan-tautan Akses

Pejabat AS ke Georgia untuk Bicara dengan Presiden Saakashvili


Diplomat senior Amerika bertolak ke Georgia untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Mikhail Saakashvili mengenai keadaan darurat yang baru-baru ini diberlakukan oleh pemerintah.

Jurubicara Dept. Luar Negeri Amerika Sean McCormack mengatakan, Deputi Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Urusan Eropa dan Eurasia, Matthew Bryza akan mendesak Saakashvili agar segera mencabut perintah pemberlakuan keadaan darurat dan membolehkan media berita beroperasi lagi.

McCormack juga mengatakan, Byrsa akan mendesak pemerintah itu supaya menepati janjinya untuk mengadakan pemilu, dan membahas dengan para pemimpin oposissi untuk memperkuat lembaga-lembaga demokratis Georgia. Dia memperingatkan, tindakan keras dapat merongrong harapan negara itu untuk bergabung dalam aliansi keamanan NATO.

Saakashvili memberlakukan keadaan darurat 15 hari, Rabu baru lalu, sesudah terjadi protes massa beberapa hari di ibukota, Tbilisi. Demonstran menuduhnya korupsi dan menuntut agar dia meletakkan jabatan. Parlemen dengan suara bulat mendukung pemberlakukan keadaan darurat Jumat kemarin.

Kata McCormack, pemberlakuan keadaan darurat dan keputusan parlemen yang mendukungnya itu mengecewakan. Tindakan itu harus segera dicabut dan supaya pemilu diadakan sebagaimana dijanjikan.

XS
SM
MD
LG