Tautan-tautan Akses

Paulson Serukan IMF Ambil Peran Aktif Pantau Investasi Internasional


Menteri Keuangan Amerika Henry Paulson menyerukan kepada Dana Moneter Internasional agar mengambil peranan yang lebih aktif dalam memantau investasi internasional sejumlah dana negara yang semakin meningkat di seluruh dunia.

Dana tersebut, yang didukung oleh persediaan uang tunai menumpuk di Cina dan negara-negara pengekspor minyak, diduga bernilai lebih dari 2 trilyun dolar atau 2000 milyar dolar.

Pertumbuhan dana itu yang pesat sekarang, dan ketidak-pastian mengenai operasinya, menimbulkan kekhawatiran bahwa investasi itu dapat digunakan untuk tujuan politik.

Henry Paulson mengatakan, Dana Moneter Internasional atau IMF sebaiknya memantau dana besar yang didukung negara yang jumlahnya semakin meningkat itu. Ia berbicara hari Sabtu, di depan para pejabat dari seluruh dunia yang berkumpul di Washington, dalam rangka sidang tahunan IMF dan Bank Dunia.

Menteri Keuangan Amerika Paulson mengatakan, pengetatan kebijakan mengenai kredit akan membatasi pertumbuhan ekonomi Amerika, tetapi ia memperkirakan ekonomi global terus tumbuh kurang lebih 5 persen untuk tahun ini dan tahun depan.

XS
SM
MD
LG