Tautan-tautan Akses

Laju Inflasi di Zimbabwe Capai Rekor Tertinggi, Hampir 8000 Persen


Kantor Statistik Pusat Zimbabwe melaporkan, laju inflasi di negara itu mencapai rekor tertinggi baru, sedikit di bawah delapan-ribu persen bulan lalu.

Dalam pernyataan hari ini, kantor statistik mengatakan, dalam bulan September terjadi kenaikan inflasi hampir 40% dari angka bulan Agustus, hal itu membuat angka-rata-rata setahun menjadi sebesar 7.982 persen atau mendekati delapn ribu persen.

Kenaikan itu terjadi meskipun pemerintah telah berusaha untuk membendung inflasi seperti menyesuaikan harga bahan-bahan pokok dan mengeluarkan mata uang baru.

Di samping laju inflasi yang paling tinggi di dunia, angka rata-rata pengangguran di Zimbabwe sekarang ini sekitar 80%.

Para pengecam mengatakan, situasi itu terjadi karena kebijakan ekonomi pemerintah, terutama pengambil-alihan tanah-tanah pertanian milik orang kulit putih yang diberikan kepada orang Zimbabwe kulit hitam yang tidak punya pengalaman bertani. Produksi pertanian Zimbabwe telah anjlog sejak tindakan pemerintah itu yang menimbulkan langka pangan dan menyebabkan laju inflasi yang luar-biasa tingginya.

Presiden Mugabe mengatakan, masalah ekonomi di negaranya adalah akibat sanksi ekonomi Amerika dan Inggris terhadap Zimbabwe.

XS
SM
MD
LG