Tautan-tautan Akses

Taliban Tolak Tawaran Presiden Karzai untuk Berunding


Taliban menyatakan tidak akan pernah berunding dengan pemerintah Afganistan selama pasukan asing masih berada di negara itu.

Seorang jurubicara Taliban mengatakan hari ini, Taliban tidak berminat untuk menerima jabatan pemerintah, dan hanya tertarik pada penarikan pasukan asing.

Tanggapan itu diberitakan setelah Presiden Afganistan Hamid Karzai mengatakan dia siap memberikan posisi di pemerintahan kepada para pemimpin pemberontak yang bersedia meletakkan senjata dan menyertai pranata politik Afganistan.

Karzai hari Sabtu menawarkan untuk bertemu dengan Mullah Umar, pemimpin Taliban yang jadi buronan dan komandan pemberontak Gulbuddin Hekmatyar. Karzai berbicara beberapa jam setelah serangan bom bunuhdiri atas sebuah bus yang penuh sesak di ibukota Kabul, menewaskan 30 orang dan melukai 21 lainnya.

Karzai mengatakan, para pemimpin pemberontak yang bersedia meletakkan senjata mereka dan masuk dalam pemerintahan akan diterima baik oleh pemerintahannya. Namun katanya, ia tidak dapat menerima tuntutan agar semua pasukan asing keluar dari Afghanistan sebelum pembicaraan dimulai.

XS
SM
MD
LG