Tautan-tautan Akses

Rusia, Cina Kawatirkan Penggunaan Kekuatan Terhadap Iran


Rusia dan Cina menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan penggunaan kekuatan terhadap Iran, setelah komentar Prancis yang memperingatkan akan kemungkinan perang lantaran program nuklir Iran.

Hari Selasa, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Moskow khawatir oleh laporan-laporan bahwa pertimbangan serius kini diberikan atas tindakan militer terhadap Iran. Ia membuat komentar itu setelah pembicaraan di Moskow dengan Menteri Luar Negeri Prancis Bernard Kouchner.

Seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan Beijing menentang apa yang disebutnya ancaman tak terkekang mengenai penggunaan kekerasan dalam urusan internasional.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon hari Selasa menandaskan bahwa sengketa mengenai ambisi nuklir Iran sebaiknya diselesaikan secara damai.

Hari Minggu , Menteri Luar Negeri Prancis Kouchner memperingatkan akan kemungkinan perang terhadap Iran, jika perundingan nuklir gagal. Kouchner hari Selasa mengatakan di Moskow ia beranggapan segala sesuatu harus dilakukan untuk menghindari perang.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Selasa menepiskan peringatan Kouchner, dengan mengatakan komentar itu ditujukan untuk media dan sebaiknya tidak ditanggapi secara serius.

XS
SM
MD
LG