Tautan-tautan Akses

Dubes Crocker: Tak Ada Cara Mudah Capai Rekonsiliasi Irak


Dutabesar Amerika untuk Irak Ryan Crocker mengatakan tidak ada cara yang mudah untuk mencapai rekonsiliasi antara pihak-pihak yang bersengketa di Irak. Kata Crocker pada wartawan hari ini, rekonsiliasi dan pemulihan layanan masyarakat di Irak adalah suatu proses yang akan berlangsung lama, sulit dan menyakitkan.

Tapi kata Dubes Crocker, ada indikasi bahwa rakyat Irak punya kemauan untuk mencapai tujuan itu. ia tidak menjelaskan berapa lama pasukan Amerika harus terus berada di Irak.

Hari Kamis ini Presiden bush akan mengumumkan penarikan 30,000 orang pasukan dari Irak pada pertengahan tahun depan. Ini adalah jumlah pasukan tambahan yang dikirimnya ke Irak sejak permulaan tahun ini.

Kalau itu terjadi, jumlah pasukan Amerika yang ada di Irak akan kembali pada tingkat sebelum penambahan, yaitu kira-kira 130,000 orang. Tokoh-tokoh partai Demokrat dalam Kongres mengecam rencana Presiden Bush itu. Kata ketua DPR Nancy Pelosi, rancangan penarikan hanya 30,000 orang tentara itu adalah penghinaan bagi rakyat Amerika.

Jenderal David Petraeus, komandan pasukan Amerika di Irak dan dutabesar Crocker memberikan kesaksian di depan Kongres dan Senat AS minggu ini dan mengingatkan supaya pasukan Amerika jangan ditarik secara prematur.

XS
SM
MD
LG