Tautan-tautan Akses

Bush Belum Terima Rekomendasi Pengurangan Pasukan di Irak


Seorang jurubicara kepresidenan Amerika mengatakan Presiden Bush belum menerima rekomendasi pengurangan pasukan di Irak dari pejabat tertinggi militer Amerika. Dia mengatakan itu sesudah harian Los Angeles Times memuat laporan yang menyebut Jenderal Peter Pace diperkirakan akan memberitahu Presiden Bush dalam pembicaraan tertutup bahwa menempatkan lebih dari 100 ribu anggota pasukan di Irak sepanjang tahun 2008 akan sangat membebani militer.

Jurubicara itu, berbicara dekat peternakan presiden di Crawford, Texas, juga menanggapi komentar Senator terkemuka John Warner dari Partai Republik. Warner, anggota utama Komisi Angkatan Bersenjata Senat menganjurkan Presiden Bush menarik sebagian pasukan Amerika dari Irak paling lambat bulan Desember, untuk menekan para pemimpin Iraq membuat kemajuan politik.

Tetapi jurubicara presiden itu mengatakan pendirian senator itu mengenai Irak belum berubah. Katanya presiden akan mempertimbangkan saran para penasehat militernya dan membuat rekomendasi perubahan bulan depan.

Sementara itu, di Irak Militer Amerika mengatakan 18 anggota militan Syiah tewas dalam pertempuran sengit dengan pasukan Amerika di Bagdad barat. Dikatakan, pertempuran berkobar Jumat pagi setelah para militan itu melepaskan tembakan ke arah satuan patroli Amerika di distrik Shula Bagdad.

Selanjutnya dikatakan, helikopter tempur Amerika menyerang 12 anggota militan bersenjata senapan serbu dan pelontar granat roket. Wilayah itu dikenal sebagai wilayah basis milisi Laskar Mahdi yang setia kepada ulama Syiah radikal Moqtada al-Sadr. Menurut saksi mata juga jatuh korban sipil.

Sementara itu, seorang panglkima Amerika di Irak mengatakan dia risau oleh skala dukungan anggota Garda Revolusi Iran yang dituduh diberikan kepada pemberontak di Irak. Mayor Jenderal Rick Lynch panglima pasukan di selatan Bagdad mengatakan, terdapat sekitar 50 agen Iran dan agen warga Iraq yang bekerja bagi Iran di wilayahnya saja.

XS
SM
MD
LG