Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Paulson: Ekonomi AS Kuat untuk Hadapi Krisis


Menteri Keuangan Amerika mengatakan kekisruhan dalam pasar saham baru-baru ini kemungkinan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Amerika.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi cable Amerika, CNBC, Selasa, Henry Paulson mengatakan pasar akan tenang kembali dalam waktu dekat sementara para investor memperhitungkan kembali potensi risiko dan keuntungan dari portfolio saham mereka.

Paulson, yang pernah menjadi eksekutif teras Wall Street sebelum menjabat sebagai Menteri Keuangan, mengatakan ekonomi Amerika pada dasarnya kuat dan akan tegar melewati krisis ini.

Masalah finansial yang kini timbul berasal dari permasalahan kredit rumah sub prime, yang memaksa beberapa lembaga kredit gulung tikar.

Kepala Komite Perbankan Senat, Chris Dodd, mengatakan satu juta atau lebih orang bisa kehilangan rumah mereka akibat kenaikan suku bunga kredit rumah mereka.

Dodd mendesak Bank Sentral agar membantu pemilik rumah yang terkena musibah ini dan menyelamatkan mereka dari kebangkrutan, serta menggunakan semua perangkat yang dimilikinya untuk mengurangi dampak krisis finansial ini.

XS
SM
MD
LG