Tautan-tautan Akses

5 Warga Korut Memasuki Kedutaan Indonesia di Vietnam Meminta Suaka Politik


Depertemen Luar Negeri Indonesia mengatakan, lima orang warga Korea Utara memasuki gedung kedutaan Indonesia di ibukota Vietnam – tampaknya berusaha meminta swaka politik.

Deparlu mengatakan, empat orang perempuan dan seorang laki-laki menaiki pagar tembok kedutaan Indonesia di Hanoi hari ini – dan membawa selembar kertas yang mengatakan, mereka ingin pergi ke negara yang bebas. Deparlu mengatakan, mereka tidak berbicara bahasa Inggris maupun Vietnam.

Bulan Juli yang lalu, empat orang warga Korea Utara memasuki kedutaan Denmark di Vietnam, meminta swaka di Korea Selatan. Kasus paara pembelot itu masih dibahas dengan Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi

Beberapa tahun terakhir ini, para pembelot Korea Utara telah pergi ke kedutaan-kedutaan Asia dan Eropa di Vietnam, berharap akan memperoleh swaka di Korea Selatan.

Pada tahun 2004, Korea Selatan mengangkut dengan pesawat terbang kira-kira 460 orang warga Korea Utara keluar dari Vietnam. Tindakan itu menimbulkan kemarahan Pyong-yang.

Korea Utara mempunyai hubungan erat dengan Vietnam, sama-sama negara komunis; tetapi Vietnam juga mempunyai hubungan yang baik dengan Korea Selatan, yang adalah penanam modal yang penting di Vietnam.

XS
SM
MD
LG