Tautan-tautan Akses

David Welch Melakukan Persiapan bagi Kunjungan Condoleezza Rice ke Libya


Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan seorang diplomat teras akan berangkat ke Libia pekan depan untuk melakukan persiapan bagi kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice ke negara Afrika Utara itu.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Sean McCormack mengatakan Asisten Menteri Luar Negeri David Welch akan membicarakan di Tripoli penentuan waktu dan keadaan bagi kunjungan perintis Rice. McCormack mengatakan pemerintahan Bush tidak menetapkan persyaratan bagi kunjungan itu, yang kabarnya dapat diadakan bulan Oktober.

McCormack mengatakan Rice yakin sekarang sudah wajar melakukan kunjungan dan menonjolkan hubungan yang diperbaharui antara Amerika Serikat dan Libia. Hubungan antara kedua negara dengan resmi terputus tahun 1980, sementara adanya tuduhan bahwa pemerintahan pemimpin Libia Muammar Gadhafi mendukung terorisme.

Tetapi, hubungan telah banyak meningkat dalam beberapa tahun ini, setelah Libia mengharamkan terorisme dan mengatakan tahun pada 2003 bahwa negara itu telah menghentikan usaha memperoleh senjata penghancur massal.

XS
SM
MD
LG