Tautan-tautan Akses

Konferensi Perdamaian Jirga Selama 4 Hari Telah Dibuka di Kabul


Konferensi perdamaian empat hari yang disebut Jirga telah dibuka di Kabul, dihadiri ratusan kepala suku dan tokoh politik Pakistan dan Afghanistan.

Dalam kata sambutannya hari ini, Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyerukan kerjasama yang lebih erat antara kedua negara dalam perang melawan terorisme.

Konferensi perdamaian atau Jirga ini bertujuan menumpas militan Taliban yang beroperasi di perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan. Kedua negara, yang akhir-akhir ini hubungannya tidak begitu hangat, saling menyalahkan yang lain atas merebaknya kekerasan di kawasan itu akhir-akhir ini.

Presiden Musharraf mendadak memutuskan untuk tidak menghadiri Jirga, dan mengirim PM Shaukat Aziz sebagai penggantinya. Departemen Luar Negeri Pakistan mengatakan, Musharraf menelpon presiden Karzai kemarin, mengatakan bahwa kesibukan di Islamabad membuatnya tidak dapat menghadiri Jirga.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan bahwa Amerika memahami putusan Musharraf, tetapi tidak memberikan penjelasan lebih jauh.

XS
SM
MD
LG