Tautan-tautan Akses

Senator Levin Ajukan Rencana Mulai Penarikan Mundur Pasukan AS dari Irak


Salah seorang senator Amerika terkemuka dalam Partai Demokrat telah mengajukan ruu yang mengimbau penarikan mundur tentara Amerika dari Irak untuk dimulai dalam 120 hari.

Senator Carl Levin, ketua Komisi Angkatan Bersenjata di Senat Amerika, mengajukan amendemen itu hari Selasa. Ia mengatakan menetapkan jadwal-waktu bagi penarikan mundur tentara merupakan satu-satunya cara untuk mendesak para pemimpin Irak membuat berbagai kompromi menuju penegakan pemerintah persatuan yang stabil.

Berdasarkan amendemen itu, operasi tempur Amerika akan dihentikan pada akhir April 2008. Sebagian tentara Amerika akan tetap berada di Irak untuk terus melatih pasukan Irak dan memerangi terorism.

Senator Partai Republik John McCain mengemukakan argumentasi menentang langkah itu. McCain, yang baru saja kembali dari lawatan ke Irak mengatakan – penarikan mundur tentara tidak akan menghasilkan penyelesaian keamanan yang kekal.

Selasa pagi Presiden Bush sekali lagi meminta Kongres Amerika menunggu sampai bulan September untuk memastikan apakah penambahan tentara bagi Irak berhasil atau tidak.

Bush, sewaktu pidatonya di Ohio mengatakan mengatakan kegagalan di Irak akan mempunyai konsekwensi serius bagi masa depan Amerika.

XS
SM
MD
LG