Tautan-tautan Akses

India, Pakistan, Iran Akan Tandatangani Pembangunan Pipa Gas Milyaran Dollar


Sekretaris Perminyakan India MS Srinivasan mengatakan India, Pakistan dan Iran segera akan menandatangani kesepakatan pembangunan pipa gas berbiaya milyaran dollar.

Dikatakan hari Jumat, ketiga negara telah menyelesaikan semua masalah utama. Para pejabat yang terlibat perundingan itu mengatakan bahan bakar mungkin akan mulai mengalir paling lambat tahun 2011.

Iran telah mengundang Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Presiden Pakistan Pervez Musharraf ke Teheran untuk menandatangani persetujuan itu. Seorang pejabat Iran mengatakan pertemuan itu kemungkinan bulan Juli atau Agustus.

Permintaan Iran agar harga gas ditinjau setiap tiga tahun telah memperlambat pembicaraan akhir. Perselisihan mengenai biaya transit yang harus dibayar India kepada Pakistan juga sempat mengganjal.

Pipa itu yang akan membentang dari Iran ke Pakistan dan India, mula-mula akan mengalirkan 60 juta meter kubik gas setiap hari.

India, Pakistan dan Iran tetap mengupayakan perjanjian itu meski ditentang keras oleh Amerika Serikat. Para pejabat Amerika mengatakan pipa itu akan membantu mendanai pembangunan senjata nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG