Tautan-tautan Akses

Gates: Pengerahan Pasukan Tambahan ke Irak Mulai Tunjukkan Hasil


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan, pengerahan pasukan tambahan ke Irak belum lama ini mulai menunjukkan hasil. Menteri Gates terbang ke Baghdad hari Jumat, dan diberi taklimat oleh para panglima Amerika mengenai dampak peningkatan pasukan yang bertujuan memadamkan kekerasan antar golongan yang menghancurkan sebagian besar Irak.

Hampir 28 ribu orang tentara Amerika tambahan dikerahkan ke Irak, sebagian besar di ibukota. Para komandan Amerika di lapangan akan melapor kepada Kongres bulan September, mengenai apakah penambahan pasukan ini membawa hasil.

Menteri Gates adalah petinggi Amerika ketiga yang berkunjung ke Baghdad pekan ini, menyusul kunjungan Panglima Amerika di Timur Tengah Laksamana William Fallon dan Wakil Menlu John Negroponte.

Panglima Amerika di Irak Jenderal David Petraeous mengatakan hari Sabtu, pasukan Amerika memulai serangan baru terhadap al-Qaida di Baghdad dan sekitarnya.

Hari Sabtu, tentara Amerika mengumumkan, pihaknya telah menemukan kartu identitas resmi prajurit Amerika Alex Jimenez dan Byron Fouty di persembunyian al-Qaida di Samarra. Kedua prajurit diculik bersama prajurit ketiga, dalam sebuah razzia tanggal 12 Mei. Mayat prajurit ketiga itu ditemukan tidak lama setelah penculikan.

XS
SM
MD
LG