Tautan-tautan Akses

Rusia, Uni Eropa Silang Pendapat Mengenai Masalah HAM Dalam KTT di Samara


Para pemimpin Rusia dan Uni Eropa Jumat bentrok mengenai masalah HAM dalam pertemuan puncak, dimana polisi berusaha mencegah penyelenggaraan protes oposisi. Pertemuan dekat kota peristirahatan Rusia, Samara, itu tidak menghasilkan persetujuan dan tidak ada laporan kemajuan dalam soal perdagangan energi, keamanan dan lain-lain yang yang menimbulkan perbedaan pendapat antara Uni Eropa dan Rusia.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengecam Rusia karena mencegah aktivis oposisi datang ke Samara untuk melakukan protes. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tindakan itu dimaksudkan untuk mencegah kekerasan. Lalu, ia mempertanyakan praktek HAM di negara-negara demokrasi Barat.

Putin juga menuduh negara-negara Baltik, Latvia dan Estonia, menindas golongan minoritas yang berbahasa Rusia. Uni Eropa dan Rusia tetap berselisih mengenai provinsi Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia.

Uni Eropa telah menyatakan prihatin atas ancaman Moskow untuk mem-veto resolusi PBB yang hendak memberi kemerdekaan yang diawasi bagi Kosovo. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan kepada media Inggris bahwa orang-orang yang berpendapat masa depan provinsi itu dapat ditentukan oleh Uni Eropa, Rusia, dan Amerika Serikat, dibebani oleh naluri penjajahan.

XS
SM
MD
LG