Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri di Provinsi Helmand Tewaskan Dua Polisi Afghanistan


Pihak berwenang di Afganistan menyatakan, serangan seorang Taliban pengebom bunuh-diri di provinsi Helmand selatan telah menewaskan dua polisi. Kata polisi, seorang pengebom bunuh-diri yang mengikatkan bahan peledak pada tubuhnya , dan dibawa cepat-cepat ke kendaraan polisi Sabtu pagi ini di daerah Nad Ali, meledakkan dirinya. Menurut laporan, Taliban menyatakan bertanggung-jawab atas serangan itu.

Provinsi Helmand merupakan tempat sering terjadinya serangan oleh kelompok militan Islam. Tahun lalu, pemberontak telah sangat meningkatkan serangan mereka terhadap pihak berwenang Afganistan, dan tentara NATO serta tentara koalisi pimpinan Amerika. Pasukan pimpinan Amerika mengusir Taliban dari kekuasaan pada akhir tahun 2001.

Sementara itu, pihak Taliban menyatakan telah memperpanjang batas waktu untuk menentukan nasib petugas bantuan warga Prancis dan 3 warga Afganistan yang mereka culik, sampai sesudah berlangsung pemilu presiden di Prancis Ahad besok. Jurubicara bagi kelompok militan Islam memberitahu media mengenai perpanjangan itu Sabtu ini, tetapi tidak ada ketetapan batas waktu yang baru. Batas waktu yang sebelumnya akan berakhir Sabtu ini.

Taliban menuntut penarikan semua 1100 tentara Prancis dari Afganistan, dan dibebaskannya para warga Taliban yang ditahan oleh pemerintah Afganistan. Taliban menculik para petugas bantuan Prancis Eric Damfreville dan Celine Cordelier, serta tiga rekan pria warga Afganistan pada 3 April di Afganistan selatan. Cordelier dibebaskan Sabtu lalu yang kata Taliban untuk menunjukkan rasa kemanusiaan . Dia tidak mendeerita cedera.

XS
SM
MD
LG