Tautan-tautan Akses

Ribuan Karyawan Pertambangan di Papua Melakukan Aksi Protes


Ribuan karyawan pertambangan di provinsi pedalaman Papua melakukan aksi protes untuk hari ketiga Jumat ini menuntut kenaikan gaji dan perbaikan kesejahteraan, sementara pembicaraan dengan perusahaan emas dan tembaga Freeport McMoRan terus berlangsung berlarut-larut.

Para karyawan perusahaan pertambangan raksasa Grasberg menyatakan , mereka menuntut diadakannya konferensi jarak-jauh dengan pimpinan Freeport di Amerika, sementara frustrasi meningkat dalam pembicaraan dengan para pejabat local perusahaan itu.

Kata Frans Pigome, yang grupnya – Tongi Papua – mewakili para karyawan dalam pembicaraan itu mengatakan, keputusan, Kamis kemarin, sesudah pembicaraan gagal untuk mencapai hasil, sedianya akan mengadakan pertemuan jarak jauh dengan James Moffet pukul 9 Jumat ini.

Tambah Pigome, sekarang sudah lewat tengah hari , dan tidak terjadi apa-apa, dan juga tidak ada penjelasan., jadi mereka hanya bisa menunggu saja.

Sengketa itu , yang berpusat pada tuntutan kenaikan gaji dan peningkatan rekrut karyawan Papua menjadi pegawai tetap, telah turut mengakibatkan naiknya harga tembaga dunia mencapai rekor tingginya dalam 7 bulan ini.

Freeport mengatakan, protes pekan ini tidak mengganggu produksi di pertambangan raksasa tembaga itu, tetapi pemerintah Indonesia mengatakan, Kamis kemarin, bahwa produksi telah merosot karena berkurangnya pekerja setempat.

Demonstran berkumpul di Kuala Kencana, kantor pusat PT Freeport Indonesia, di luar kota Timika.

XS
SM
MD
LG