Tautan-tautan Akses

IAEA: Iran Mulai Proses Pengayaan Uranium di Fasilitas Bawah Tanah


Badan nuklir PBB mengatakan Iran telah mulai proses pengayaan uranium di sebuah fasilitas bawah tanah. Badan Energi Atom Internasional atau IAEA mengatakan Iran telah memasang lebih dari 1000 sentrifugal untuk pengayaan di pusat pengolahan Natanz. IAEA membuat pernyataan tersebut dalam sebuah dokumen rahasia. Proses pengayaan bisa di pergunakan untuk menghasilkan bahan bakar untuk reaktor nuklir atau pembuatan senjata nuklir.

Minggu lalu, Iran mengatakan telah mencapai skala industri dalam proses pengayaan itu. Tetapi pakar nuklir mengatakan program Iran belum sampai pada taraf itu. Amerika dan sekutu nya menuduh Iran mencoba mengembangkan senjata atom. Iran mengatakan program nuklir nya di tujukan untuk produksi energi bagi maksud-maksud damai.

Sementara, secara terpisah Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pihaknya sedang berusaha memperluas usaha menemukan mantan agen FBI yang hilang di Iran sejak awal Maret. Jurubicara Sean McCormack mengatakan Rabu Departemen Luar Negeri minta bantuan pemerintah lain untuk memperoleh informasi mengenai keberadaan dan kondisi Robert Levinson.

Iran memberi jawaban bulan ini terhadap permintaan Amerika seperti itu, dan minta perincian lebih lanjut mengenai jadual perjalanan orang ini. Amerika mengatakan Iran tidak memberi jawaban yang bermakna dalam komunikasi yang di selenggarakan lewat saluran diplomatik Swiss. Levinson terakhir terlihat berada di pulau Kish, Iran. Amerika memutuskan hubungan dengan Iran menyusul krisis sandera tahun 1979 di Kedutaan Besar Amerika di Teheran.

XS
SM
MD
LG