Tautan-tautan Akses

15 Pelaut Inggris Yang Dibebaskan Iran Tiba di Kampung Halaman


Limabelas pelaut Inggris telah dipertemukan kembali dengan keluarga mereka setelah hampir dua pekan ditahan di Iran. Ke-14 pria dan seorang perempuan itu tiba hari ini di Pelabuhan Udara Heathrow dengan menggunakan pesawat maskapai penerbangan Inggris, British Mediterranean Airways, dari Teheran.

Para pelaut itu mengenakan seragam militer yang mereka kenakan dalam penerbangan, mengganti pakaian sipil yang mereka kenakan hari Rabu di Iran. Mereka kemudian terbang dengan helikopter ke sebuah pangkalan militer di barat daya London untuk dipertemukan dengan keluarga mereka dan mendapat penjelasan dari pejabat-pejabat Inggris.

Ketika pesawat mendarat, PM Inggris Tony Blair mengatakan kepada para wartawan, Inggris dapat membebaskan para pelaut itu tanpa dengan perundingan atau menjanjikan sesuatu. Tetapi ia mengatakan apa yang ia sebut saluran komunikasi baru yang menarik telah terbuka, dan kalau Iran menginginkan, Iran dapat mempunyai hubungan yang berbeda.

Hari Rabu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan pembebasan itu hadiah bagi rakyat Inggris. Iran mengatakan pelaut-pelaut Inggris itu ditangkap di perairan Iran. Inggris menyangkal tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG