Tautan-tautan Akses

Senat Italia Putuskan Perpanjang Misi Pasukannya di Afghanistan


Perdana Menteri Italia Romano Prodi memenangkan pemungutan suara di Senat yang akan membuat pasukan Italia tetap berada di Afghanistan, sekalipun ditentang senator-senator berhaluan kiri yang menghendaki penarikan mundur tentara. Majelis Tinggi Italia dengan suara 180 lawan 2, hari Selasa menyetujui dana baru bagi misi Italia di luar negeri. 132 anggota memberi suara abstain, yang terhitung sebagai suara tidak setuju dalam Senat.

Pemungutan suara itu dilihat sebagai ujian besar dalam dukungan bagi Perdana Menteri Prodi, yang baru-baru ini meletrakkan jabatan setelah kalah dalam pemungutan suara di senat mengenai kebijakan luar negeri. Presiden Italia Giorgio Napolitano meminta Prodi suapaya tetap memegang jabatannya, dan ia memenangkan suara kepercayaan dalam parlemen. Italia menempatkan sekitar 2-ribu tentara di Afghanistan. Pemerintah Italia dan pemerintah Afghanistan dikecam tajam karena membuat kesepakatan dengan Taliban yang membebaskan lima narapidana Taliban dengan imbalan dibebaskannya wartawan Italia yang diculik.

Persekutuan NATO mengemukakan keprihatinan tentang kesepakatan baru-baru ini di Afghanistan untuk membebaskan lima narapidana Taliban dengan imbalan seorang wartawan Italia yang diculik. Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Nicholas Burns memberitahu para wartawan di Brussel hari Selasa bahwa mayoritas negara anggota menentang penukaran sandera dengan teroris. Para anggota NATO hari ini membahas pengesahan kebijakan NATO-bersama dalam menangani kasus sandera yang serupa.

Awal pekan lalu, pemerintah Afghanistan membebaskan lima militan yang ditukarkan dengan wartawan Daniele Mastrogiacomo yang diculik dan tadinya disandera selama dua pekan. Baik pemerintah Italia maupun pemerintah Afghanistan dikritik berat atas kesepakatan itu. Inggris dan Amerika mengemukakan keberatan atas tukar-menukar sandera dengan teroris, dengan mengatakan hal tersebut meningkatkan risiko penculikan serupa bagi prajurit-prajurit NATO dan Afghanistan. Mastrogiacomo diculik di provinsi Helmand, Afghanistan selatan awal Maret. Pihak penculik memenggal kepala sopirnya, seorang warga Afghanistan.

XS
SM
MD
LG