Tautan-tautan Akses

DK PBB Setujui Sanksi Baru Bagi Iran Dengan Suara Bulat


Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat telah meyetujui sanksi baru terhadap Iran karena menolak menghentikan kegiatan pengayaan uraniumnya. Pemungutan suara Sabtu sore di New York itu diambil berdasarkan pada sanksi yang telah diberlakukan sejak bulan Desember lalu.

Keputusan itu berisi seruan kepada Iran agar menghentikan kegiatannya memperkaya uranium dan melarang semua ekspor senjata Iran. Keputusan itu juga membekukan aset 28 pribadi dan lembaga Iran lagi yang diperkirakan terkait senjata nuklir.

Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya menuduh Iran berusaha membuat senjata nuklir. Teheran membantah tuduhan tersebut.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad sedianya akan berkunjung ke New York tetapi dia membatalkan rencana lawatannya. Iran menuduh Amerika Serikat mengeluarkan visa terlalu lambat.

Tetapi Jurubicara Departemen Luar negeri Amerika mengatakan, semua visa disetujui dan diserahkan kepada Perwakilan Iran di Swiss hari Jum’at. Jurubicara Amerika Serikat mengatakan, Presiden Ahmadinejad tidak bersedia berbicara di Dewan Keamanan PBB dan menghadapi kecaman karena menentang masyarakat internasional.

XS
SM
MD
LG