Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice Kembali Lakukan Perjalanan ke Timur Tengah


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice sedang dalam perjalanan ke Timur Tengah dengan harapan akan menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah.

Rice mengatakan kepada wartawan Jumat kemarin, bahwa dia berharap akan memperoleh lebih banyak dukungan Arab bagi pembicaraan perdamaian. Dia mengatakan dia berharap rencana perdamaian Liga Arab tahun 2002 akan ditawarkan kembali.

Rencana itu hendak memberi kepada Israel hubungan normal dengan negara-negara Arab sebagai imbalan atas penarikan Israel dari wilayah yang direbutnya dalam perang tahun 1967.

Presiden Bush mengatakan ia mengirim Rice kembali ke kawasan itu untuk ketiga kalinya tahun ini karena, kata Bush, mewujudkan perdamaian adalah prioritas Amerika.

Pertama, Rice singgah di Mesir, untuk bertemu dengan Presiden Hosni Mubarak. Kata Rice, rencana Mesir untuk mengadakan referendum pekan depan mengenai amandemen undang-undang dasar, mengecewakan. Dia berencana untuk membicarakan keprihatinannya dengan Mubarak.

Para penentang mengatakan perubahan undang-undang dasar mencakup pemberian kepada polisi wewenang yang lebih besar untuk menangkap dan memata-matai tersangka.

XS
SM
MD
LG