Tautan-tautan Akses

Pemerintah Afghanistan Penuhi Tuntutan Penculik Untuk Pembebasan Sandera


Pemerintah Afghanistan mengatakan pihaknya memenuhi beberapa tuntutan militan Taliban untuk bisa membebaskan seorang wartawan Italia yang diculik bersama-sama dua warga Afghanistan. Menteri Kehakiman Abdul Rahimi tidak bersedia mengkonfirmasi pernyataan Taliban bahwa beberapa anggotanya dibebaskan dari penjara dengan imbalan pembebasan Daniele Mastrogiacomo hari Senin. Tetapi Rahimi memberitahu para wartawan hari Selasa bawa beberapa tuntutan mereka telah dipenuhi.

Sementara itu, kematian akibat pemenggalan kepala soerang diantara dua warga Afghanistan yang disandera bersama Mastrogiacomo menyulut protes di salah satu rumah sakit di Afghanistan selatan di mana jenazahnya disimpan. Lebih dari 100 sahabat dan keluarga Syed Agha, seorang sopir, berkumpul di luar rumah sakit, menuntut informasi lebih banyak mengenai kematiannya. Mereka mengatakan mereka marah karena pemerintah Afghanistan tampaknya lebih prihatin mengenai nasib wartawan Italia itu.

Sementara itu, seorang perwira militer Amerika mengatakan ia memperkirakan pemberontak Taliban akan melancarkan serangkaian serangan baru mulai Hari Rabu sehubungan dengan tahun baru Afghanistan. Mayor Jenderal Michael Barbero hari selasa memberitahu para wartawan di Pentagon , bahwa serangan-serangan pertama mungkin akan terjadi dalam beberapa jam lagi. Ia mengatakan para pejuang Taliban akan berupaya menghentikan fesitival dan perayaan sehubungan dengan tahun baru Afghanistan itu.

Jenderal Barbero mengatakan ia memperkirakan pihak militan akan terfokus pada serangan senjata ringan dan melanjutkan upaya pemboman bunuh diri. Tetapi ia mengatakan umumnya serangan bunuh diri oleh pemberontak tidak se-efektif seperti yang direcanakan semula. Jenderal Barbero juga mengatakan salah satu serangan ofensif oleh NATO yang difokuskan pada pengejaran atas pedagang-pedagang narkoba dan militan Taliban di provinsi Helmand, Afghanistan Selatan telah menyebabkan berkurangnya kekerasan.

XS
SM
MD
LG