Tautan-tautan Akses

Raja Abdullah: Kegagalan Proses Perdamaian Timur Tengah Bisa Tingkatkan Kekerasan


Raja Yordania Abdullah memperingatkan akan kemungkinan peningkatan kekerasan dan kemelut regional kecuali jika proses perdamaian Timur Tengah tidak dihidupkan kembali. Menurut kantor berita resmi, Petra, Raja Abdullah mengatakan isu Palestina merupakan salah satu prioritas kunci dan resolusinya bisa menjadi basis bagi stabilitas di kawasan itu.

Sementera itu, Israel mengatakan prakarsa perdamaian Arab Saudi tahun 2002 bisa menjadi sebuah langkah untuk menghidupkan kembali proses perdamaian yang terhenti itu. Deputi Perdana Menteri Israel Shimon Peres mengatakan prakarsa itu, sebagai suatu sikap Arab, merupakan kemajuan dan bahwa Israel ingin meneruskan dan merundingkannya.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan Israel menanggapi prakarsa itu secara sungguh-sungguh. Rencana itu menetapkan agar Israel melakukan penarikan mundur dari semua daerah yang direbutnya sewaktu Perang Enam-Hari tahun 1967 dengan imbalan hubungan normal dengan semua negara Arab. Suatu negara Palestina akan dibentuk di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

XS
SM
MD
LG