Tautan-tautan Akses

Tentara NATO Targetkan Pemberontak dalam Serangan Baru di Afghanistan Selatan


Pasukan NATO di Afghanistan telah melancarkan serangannya yang terbesar dengan memindahkan ribuan tentara ke pegunungan selatan negara itu untuk mentargetkan para pejuang Taliban dan pedagangan narkoba.

Serangan itu dimulai Selasa dinihari di provinsi Helmand, Afghanistan selatan, kawasan penghasil-opium terbesar di dunia. Jurubicara NATO mengatakan operasi itu yang diberi nama operasi Achilles kelak akan mengikut-sertakan 4500 tentara NATO dan seribu tentara Afghanistan.

Ia mengatakan pasukan gabungan itu akan bertindak hati-hati untuk menghindari korban sipil di daerah-daerah terkait. NATO mengatakan operasi ini merupakan awal operasi besarnya di Afghanistan tahun ini. Pejabat-pejabat NATO mengatakan seorang prajurit mereka tewas hari Selasa di selatan, tetapi tidak mengatakan apakah dia terkait dengan operasi militer terbaru itu.

Sementara, pejabat-pejabat taliban mengatakan pemberontak telah menculik seorang wartawan Inggris dan dua warga Afghanistan di provinsi Helman yang kemelut. Seorang jurubicara Taliban hari Selasa mengatakan ketiganya dicurigai sebagai mata-mata dan kini diinterogasi. Ia menambahkan ketiganya ditawan hari Senin.

XS
SM
MD
LG