Tautan-tautan Akses

AS dan Korea Utara Memulai Pembicaraan Bersejarah di New York


Amerika Serikat dan Korea Utara memulai pembicaraan bersejarah di New York Senin petang yang dapat menghasilkan normalisasi hubungan diplomatic.

Perunding utama Amerika, Asisten Menteri Luar Negeri Christopher Hill, dan utusan Korea Utara, Kim Kye Kwan, mengadakan pembicaraan Senin petang, lalu makan malam bersama. Pertemuan akan diadakan lagi hari Selasa.

Pembicaraan itu adalah bagian dari kesepakatan 6 negara yang dicapai bulan lalu, yang menjadi dasar janji Pyongyang untuk mengakhiri program senjata nuklirnya, sebagai imbalan bantuan. Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengingatkan bahwa tidaklah mungkin pembicaraan itu akan segera membuahkan hasil. Jurubicara mengatakan Hill akan menggunakan pembicaraan itu untuk menjelaskan kepada Kim bagaimana proses itu mungkin akan menghasilkan peninjauan kembali oleh Washington yang menyebut Pyongyang sebagai sponsor terorisme.

Ia menyebut proses itu didasarkan pada “tindakan,” dan menambahkan tindakan jujur oleh Korea Utara akan disambut dengan tindakan jujur oleh Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG