Tautan-tautan Akses

Pasukan Koalisi di Irak Tewaskan Tiga Tersangka Teroris Dalam Operasi Hari Kamis


Militer Amerika mengatakan pasukan koalisi menewaskan tiga tersangka teroris dan menahan 16 tersangka dalam operasi di Irak hari ini. Militer mengatakan serangan-serangan itu menargetkan al-Qaida di Irak dan terjadi di barat Ramadi dan selatan Baghdad. Dalam berita lain, sebuah serangan bom mobil di Fallujah menghantam sebuah iring-iringan mobil tamu-tamu perkawinan seorang polisi Irak menewaskan sekurang-kurangnya lima orang. Di ibukota Irak, sebuah bom jalan menewaskan seorang.

Juga, Presiden Irak Jalal Talabani muncul di televisi Irak untuk pertama kalinya sejak ia diterbangkan ke Yordania hari Ahad untuk berobat. Talabani mengatakan kesehatannya baik dan akan kembali ke Irak dalam keadaan sehat untuk meneruskan pekerjaannya untuk rakyat Irak. Talabani, yang berumur di awal 70-an, dirawat di Amman karena kecapaian dan dehidrasi.

Sementara itu, Wakil PM Irak Barham Salih mengatakan menjadi kepentingan negara-negara tetangga Irak dan masyarakat internasional untuk membantu menstabilkan Irak. Salih mengatakan dalam wawancara dengan VOA Siaran Kurdistan, bahwa pertemuan keamanan pekan depan di Baghdad ditujukan untuk menciptakan kerangka regional dan internasional yang akan membantu menstabilkan dan transisi politik di Irak. Pertemuan keamanan yang akan diadakan 10 Maret itu akan mengikut sertakan negara-negara tetangga Irak dan lima anggota tetap DK PBB.

Barham Salih mengatakan kepada VOA bahwa sudah tiba waktunya bagi negara-negara tetangga Irak bekerja dengan pemerintah Irak dan masyarakat internasional untuk memastikan negara itu stabil. Ia mengatakan Irak janganlah hendaknya menjadi pusat konflik dan kompetisi. Ia mengatakan stabilitas negara itu adalah kepentingan bersama rakyat Irak, masyarakat kawasan itu dan masyarakat internasional lebih luas.

XS
SM
MD
LG